Teks Cerita Sejarah : Pengertian, Struktur, Ciri, Kaidah Kebahasaan, dan Contohnya

Teks Cerita Sejarah – Pada Artikel Belajar kali ini kita akan membahas tentang Tek Cerita Sejarah : Pengertian, Struktur, Ciri, Kaidah Kebahasaan, dan Contohnya. Pada dasarnya jenis teks ini sangat mudah ditemukan dalam kehidupan kita, baik di sekolah maupun saat kita tengah liburan. Tanpa sadar ketika kita tengah mendengarkan atau membaca deskripsi sejarah dari sebuah tempat atau peristiwa sebenarnya kita telah membaca contoh teks cerita sejarah tersebut.

Perlu diingat sobat Artikel Belajar, bahwa didalam menyusun teks cerita sejarah ini kita juga harus memperhatikan kaidah kebahasaan yakni 5W1H yang mencakup why, when, where, what, who, dan how. Kaidah 5W dan 1H ini berfungsi agar cerita sejarah yang terdapat dalam teks ini memuat informasi lengkap dan tidak terputus putus. Tidak hanya itu, karena contoh teks cerita sejarah ini bersifat fakta maka kita juga harus mencantumkan sumber dimana kita mengutip cerita ini.

Teks cerita sejarah

Pengertian Teks Cerita Sejarah

Teks cerita sejarah adalah teks yang menceritakan suatu peristiwa sejarah yang terjadi dimasa lampau dan bersifat fakta. Peristiwa sejarah tersebut disusun secara kronologis, berdasarkan urutan waktu terjadinya, dan peristiwa itu memiliki makna penting bagi kehidupan masyarakat.

Teks cerita sejarah memiliki alur maju yang bersifat kronologis yaitu cerita tersebut diceritakan secara runtut dari awal mula hingga akhir. Bagian-bagian disusun secara jelas sehingga memudahkan pembaca dalam memahami cerita yang dijabarkan dari teks sejarah tersebut.

Struktur Teks Cerita Sejarah

  1. Orientasi, merupakan bagian pengenalan atau pembuka dari teks cerita sejarah.
  2. Urutan Peristiwa, merupakan rekaman peristiwa sejarah yang terjadi, yang biasanya disampaikan dalam urutan kronologis.
  3. Reorientasi, berisi komentar pribadi penulis tentang peristiwa atau kejadian sejarah yang diceritakan. Bagian ini merupakan tahapan yang bersifat pilihan, artinya boleh saja bagian ini tidak disajikan oleh penulis teks cerita sejarah.

Ciri – Ciri Teks Cerita Sejarah

– Disajikan secara kronologis atau urutan peristiwa atau urutan kejadian.
– Bentuk teks cerita ulang (recount)
– Struktur teksnya: orientasi, urutan peristiwa, reorientasi.
– Sering menggunakan konjungsi temporal.
– Isi berupa fakta.

Kaidah Kebahasaan Teks Cerita Sejarah

  • Menggunakan bentuk lampau
  • Pronomina (kata ganti): jenis kata yang menggantikan nomina atau frasa nomina. Contohnya adalah saya, kapan, -nya, ini.
  • Frasa Adverbial: kata yang menunjukan kejadian atau peristiwa, waktu, dan tempat.
  • Verba Material: kata kerja berimbuhan yang mengacu pada tindakan fisik, atau pun perbuatan yang dilakukan secara fisik oleh partisipan, contohnya menulis, mengepel, menyapu.
  • Konjungsi Temporal (kata sambung waktu): berfungsi menata urutan peristiwa yang diceritakan. Umumnya banyak menggunakan kata penghubung temporal.

Contoh Teks Cerita Sejarah

Contoh Teks Cerita Sejarah 1

Candi Borobudur

contoh teks cerita sejarah

Orientasi:

Candi Borobodur adalah monumen Buddha terbesar di dunia. Dibangun pada masa Raja Samaratungga dari Wangsa Syailendra pada tahun 824. Candi Borobudur dibangun 300 tahun sebelum Angkor Wat di Kamboja dan 400 tahun sebelum katedral-katedral agung di Eropa.

Candi Borobudur memiliki luas 123×123 m² dengan 504 patung Buddha, 72 stupa terawang dan 1 stupa induk. Bentuk candi ini beraksitektur Gupta yang mencerminkan pengaruh India. Setelah berkunjung ke sini Anda akan memahami mengapa Borobudur memiliki daya tarik bagi pengunjung dan merupakan ikon warisan budaya Indonesia.

Urutan Peristiwa:

Lembaga internasional dari PBB yaitu UNESCO mengakui sekaligus memuji Candi Borobudur sebagai salah satu monumen Budha terbesar di dunia. Di Candi ini ada 2672 panel relief yang apabila disusun berjajar maka panjangnya mencapai 6 km. Ansambel reliefnya merupakan yang paling lengkap di dunia dan tak tertandingi nilai seninya serta setiap adegannya adalah mahakarya yang utuh.

Candi Borobudur dibangun selama 75 tahun di bawah pimpinan arsitek Gunadarma dengan 60.000 meter kubik batuan vulkanik dari Sungai Elo dan Progo yang terletak sekitar 2 km sebelah timur candi. Saat itu sistem metrik belum dikenal dan satuan panjang yang digunakan untuk membangun Candi Borobudur adalah tala yang dihitung dengan cara merentangkan ibu jari dan jari tengah atau mengukur panjang rambut dari dahi hingga dasar dagu.

Reorientasi:

Berdasarkan prasasti Karangtengah dan Kahulunan, sejarawan J.G. de Casparis memperkirakan pendiri Borobudur adalah raja Mataram kuno dari dinasti Syailendra bernama Samaratungga, dan membangunan candi ini sekitar tahun 824 M. Bangunan raksasa itu baru dapat diselesaikan pada masa putrinya, Ratu Pramudawardhani. Pembangunan Borobudur diperkirakan memakan waktu setengah abad.

Contoh Teks Cerita Sejarah 2

Teknologi Internet

contoh teks cerita sejarah teknologi internet

Orientasi:

Internet adalah sebuah jaringan komputer yang pada mulanya diciptakan oleh Departemen Pertahanan milik Amerika Serikat pada sekitar tahun 1969. Awal mula diciptakannya internet adalah untuk kepentingan militer. Dengan sistem sistem operasi berbasis UNIX, mereka mendemonstrasikan dan mencoba perangkat keras dan lunak untuk berkomunikasi secara jarak jauh yang jaraknya tidak terjangkau melebihi jarak sambungan telepon.

Demonstrasi dan tes ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) ini meliputi ketangkasan jaringan, bentuk jaringan, dan kapasitas informasi yang dapat dipindahkan. Dan akhirnya setelah melewati beberapa kali uji ARPANET menjadi standard untuk menentukan pembangunan sebuah protokol baru yang saat ini kita sebut dengan transmission control protocol/internet protocol (TCP/IP).

Seperti yang disebutkan diatas, tujuan diciptakannya internet pada awalnya untuk keperluan pertahanan militer saja. Pada masa itu, departemen pertahanan AS menempatkan sejumlah komputer-komputer di beberapa daerah yang menjadi titik vital dan menghubungkannya dengan jaringan internet untuk mengantisipasi terjadinya serangan nuklir dan informasi terpusat yang notabennya sangat mudah dihancurkan jika ada serangan.

Urutan Peristiwa:

Pada awalnya, ARPANET ini hanya menghubungkan tidak lebih dari 4 situs saja, yakni university of california, university of utah, standford research instittute, dan santa barbara yang pada mulanya mereka membentuk sebuah jaringan terpadu sekitar tahun 1969 silam. Secara garis besar ARPANET resmi diluncurkan pada bulan oktober tahun 1972, dan tidak lama setelahnya proyek ini mengalami perkembangan yang sangat pesat hingga ke seluruh penjuru daerah di Amerika Serikat. Hal ini memicu antusias barbagai universitas untuk bergabung dengan jaringan ARPANET hingga membuat departemen pertahanan kewalahan.

Maka dari itu, untuk menanggapi fenomena ini akhirnya Arpanet dipisah dan dipecah menjadi dua bagian yakni Milnet yang mengatur keperluan militer saja dan Arpanet baru dengan skala yang lebih kecil untuk keperluan non militer seperti untuk universitas. Penggabungan dari kedua sistem ini akhirnya disebut dengan DARPA internet, namun seiring perkembangan jaman akhirnya nama tersebut mengalami bentuk penyederhanaan menjadi internet saja.

Reorientasi:

Penggunaan internet di jaman sekarang ini sudah sangat dianggap penting bagi banyak orang. Seperti contoh seorang siswa sekolah dapat mencari dan mendapatkan informasi dari berbagai sumber yang tidak akan mereka temukan di perpustakaan sekolah mereka. Saling berkomunikasi jarak jauh baik itu dala lingkung siswa dengan siswa lain maupun siswa dengan guru. Semua hal hal diatas dapat mereka lakukan dengan mengakses internet.

Contoh Teks Cerita Sejarah 3

Cerita Sejarah Terciptanya INSTAGRAM

contoh teks cerita sejarah instagram

Orientasi:

Siapa yang tidak kenal dengan instagram, Aplikasi yang berfungsi untuk berbagi foto dan video ini memungkinkan penggunanya untuk mengambil foto, memfilter digital, menambahkan efek, dan mempubikasikan foto tersebut ke berbagai jenis jejaring sosial yang ada termasuk kedalam jejaring instagram itu sendiri.

Instagram sendiri terbentuk dari dua kata utama yakni “insta” yang berarti “instan” seperti pada kamera jenis polaroid yang lebih akrab disebut dengan foto instan. Dan kata “gram” mengarah pada kata “telegram” yang cara atau pengaplikasiannya adalah untuk mengirimkan sejumlah informasi pada seseorang dengan sangat cepat.

Urutan Peristiwa:

Burbn, Inc yang merupakan perusahaan start up teknologi yang notabennya hanya berkonsentrasi pada pengembangan dan pembuatan aplikasi telepon genggam berdiri pada sekitar tahun 2010 lalu. Pada mulanya Burbn, Inc sendiri berfokus pada pendalaman seluruh fungsi bahasa pemprograman yakni HTML5. Namaun seiring berjalannya waktu, Mike krieger dan Kevin Systorm selaku CEO dari perusahaan ini memilih untuk berfokus hanya pada satu hal asaja.

Seminggu lamanya mereka berusaha membuat ide ide yang mungkin dapat mendatangkan profit, pada akhirnya kedua CEO ini berhasil enciptakan versi pertama dari instagram, namun seperti pada prototype pada umumnya, versi awal dari instagram ini masih memiliki banyak sekali kelemahan dalam segala sistemnya. Setelah melalui berbagai tahap penyempurnaan versi burbn (instagram) ini akhirnya sudah dapat diujicoba dengan menggunakan perangkat iphone. Namun tetap saja dirasa memiliki banyak sekali fitur yang tidak terkategori dengan baik.

Sulit bagi Kevin dan Mike untuk mengatur ulang seluruh fitur yang ada dan memulai semuanya dari awal. Akhirnya mike dan kevin memilih untuk berfokus hanya pada fitur foto, berkomentar dan menyukai foto saja. Inilah kerangka awal terbentuknya jejaring sosial instagram saat ini.

Pada tahun 2012 tepatnya tanggal 09 april diumuman sebuah berita besar yakni saha dan kepemilikan facebook akan diambil alih oleh mark zuckerberg selaku pemiliki facebook dengan uang tunai dan saham senilai 1 miliar dollar.

Reorientasi:

Instagram saat ini telah banyak diminati baik tua maupun muda. Penggunaan yang mudah dan fitur yang terkesan canggih membuat instagram semakin populer dari tahun ke tahun. Dengan jejaring sosial instagram ini kita dapat mengetahui segala aktivitas teman teman kita hanya dengan melihat foto dan video mereka.

 

 

Itulah contoh teks cerita sejarah singkat beserta strukturnya yang dapat saya sampaikan kali ini. Contoh teks cerita ini pada dasarnya sangat mudah diingat dan diidentifikasi dengan cara melihat kaidah kebahasaan dan \unsur-unsurnya jika didalam contoh teks ini mengandung cerita sejarah maka dapat dipastikan bahwa teks tersebut merupakan contoh cerita sejarah. Terimakasih.

No Responses

Add a Comment