Menganalisis Keterampilan Gerak Permainan Bola Voli

Menganalisis Keterampilan Gerak Permainan Bola Voli – Permainan bola voli masuk sebagai salah satu permainan bola besar. Untuk dapat bermain bola voli dengan baik terdapat beberapa keterampilan yang harus dikuasai. Seseorang mungkin akan memiliki spesialisasi pada suatu keterampilan sehingga ia menjadi ahli pada keterampilan tersebut, misalnya sangat mahir dalam keterampilan smash, block, atau keterampilan yang lain. Namun, dalam sebuah permainan seseorang harus dapat melakukan semua ketrampilam. Oleh karena itu, sangat penting bagi semua pemain untuk menguasai semua keterampilan dasar dalam permainan. Pada bab ini kita akan belajar tentang berbagai keterampilan dalam permainan bola voli. Mari perhatikan dan pelajari bersama materi ini.

Pada saat kelas x kita telah mengetahui sejarah permainan bola voli, alat yang digunakan dalam permainan bola voli, dan aturan dalam permainan bola voli. Di kelas xi ini kita akan membahas tentang kategori keterampilan dalam permaina bola voli. Permainan bola voli merupakan salah satu permainan yang menggunakan bola besar dan dilakukan secara beregu. Terdapat dua tim yang bertanding dalam sebuah permainan dengan jumlah anggota tiap tim adalah enam orang. Keterampilan gerak dalam permainan bola voli adalah keterampilan gerak servis (tangan bawah dan tangan atas), passing atas dan bawah, smash, serta block/bendungan (tunggal dan berkawan).

1. Keterampilan Gerak Servis

Servis merupakan suatu upaya seorang pemain untuk menyeberangkan bola melewati atas net dari luar garis belakang lapangan dan merupakan awalan dari suatu serangan. Servis dapat dilakukan dari atas maupun bawah.

Lakukan langkah langkah berikut untuk dapat melakukan berbagai teknik servis.

a. Servis Atas

Cara melakukan servis atas adalah sebagai berikut.

  1. Berdiri tegap dengan posisi melangkah menghadap jaring.
  2. Lambungkan bola lurus ke atas menggunakan tangan kiri kurang lebih 60 cm di atas depan kepala dan pandangan dipusatkan pada bola.
  3. Ayunkan lengan kanan dari belakang ke atas, kemudian ke depan secara serentak.
  4.  Pukul bola menggunakan telapak tangan.
  5. Gerakan lanjutan ke depan bagi tangan yang memukul diikuti dengan melangkahkan kaki yang berda di belakang.

Adaklanya pemain tidak berhasil melakukan servis atas karena adanya beberapa kesalahan yaitu sikap badan kaku, kedua kaki sejajar dan tidak membuka, lambungan bola terlalu tinggi, tangan yang memukul kurang diayun ke belakang, serta tidak diikuti gerakan lanjutan.

Servis atas keterampilan gerak bola voli

b.Servis Bawah

Cara melakukan servis bawah adalah sebagai berikut.

  1. Berdiri agak membungkuk dengan posisi kaki melangkah menghadap ke jaring net.
  2. Tangan kiri memegang bola dibawah depan badan dan badan sedikit bungkuk.
  3. Lmbungkan bola menggunakan tangan kiri kurang lebih setinggi 30 cm, bersamaan dengan itu tangan memukul dengan gerakan mengayun dari belakang bawah kedepan hingga bola melayang melewati atas net/jaring.

Adakalanya pemain tidak berhasil melakukan sevis bawah karena adanya beberapa kesalahan, yaitu sikap badan kaku, kedua kaki sejajar dan tidak ditekuk, badan kurang membungkuk, lambungan bola terlalu tinggi, tangan yang memukul kurang diayun ke belakang, serta tidak diikuti gerakan lanjutan.

keterampilan gerak permainan bola voli Servis tangan bawah

c. Servis Menyamping

Cara melakukan servis menyamping adalah sebagai berikut.

  1. Posisi berdiri kedua kaki sedikit dibuka menyamping ke arah net/jaring.
  2. Tangan kiri memegang bola dan tangan kanan siap untuk memukul.
  3. Lmabungkan bola ke atas oleh tangan kiri di atas bahu, bersamaan dengan  gerakan itu ayunkan lengan/tangan yang akan memukul.
  4. Pukul dari samping ke belakang dengan telapak tanagn terbuka mengarah ke   bola.
  5. Setelah melakukan servis dilanjutkan dengan gerak lanjut dari tangan pukul yang diikuti oleh anggota tubuh lainnya.

Kegagalan dalam melakukan servis menyamping biasanya dikarenakan sikap badan kaku, kedua kaki tidak sejajar, badan tidak menyamping, lambungan bola terlalu tinggi, tangan yang memukul kurang diayun, dan tidak diikuti gerakan lanjutan.

Servis menyamping

2. Keterampilan Passing

Passing merupakan gerakan menerima bola dari lawan. Cobalah lakukan langkah langkah berikut agar Anda dapat menguasai berbagai keterampilan passing.

a. Passing Atas

Cara melakukan passing atas adalah sebagai berikut.

  1. Berdiri seimbang dengan tumpuan kedua kaki dan salah satu kaki di depan.
  2.  Pandangan diarahkan pada bola dan badan sedikit condong ke depan.
  3. Kedua tangan terbuka di atas depan kepala dengan siku siku bengkok ke samping.
  4. Dorong bola ke atas dengan menggunakan pangkal jari jari tangan diikuti dengan gerakan meluruskan kedua siku dan kedua lutut sehingga badan lurus.
  5. Sikap akhir merupakan gerak lanjut dari kedua lengan diikuti oleh anggota tubuh lainnya.

Beberapa kesalahan yang terkadang dilakukan saat melakukan passing atas adlah sikap badan kaku, berdiri tidak seimbang karena kedua kaki tidak dibuka sejajar, lutut tidak ditekuk, kedua lengan tidak berada di atas dengan kepala, perkenaan bola tidak pada jari jari tangan, dorongan tidak bersamaan pada saat meluruskan siku dan lutut, serta tidak diikuti gerak lanjutan.

b. Passing Bawah

Cara melakukan passing bawah adalah sebagai berikut.

  1. Berdiri seimbang dengan kedua kaki dibuka selebar bahu dan lutut sedikit ditekuk, serta badan agak condong ke depan.
  2. Kedua lengan dirapatkan dan lurus ke depan bawah.
  3. Ayunkan kedua lengan secara bersama-sama lurus ke atas depan bersamaan dengan meluruskan kedua lutut.
  4. Perkenaan pada kedua tangan.
  5. Sikap akhir adanya gerak lanjut dari lengan yang diikuti anggota tubuh lainnya.

passing bawah permainal bola voli

3. Keterampilan Smash

Smash merupakan suatu usaha memukul bola untuk melakukan serangan keras yang ditujukan pada pertahanan lawan. Cobalah lakukan langkah langkah berikut agar anda dapat menguasai berbagai keterampilan smash!

  1. Berdiri menghadap net/jaring dengan jarak 2-3 langkah.
  2. Ambil awalan dengan langkah dengan langkah lebar dan datar, kemudian kedua lengan diayunkan ke belakang dan pandangan tertuju ke arah bola.
  3. Lakukan tolakan dengan menekuk kedua lutut, kemudian lanjutkan dengan loncatan.
  4. Ayunkan lengan yang akan memukul ke depan dan punggung melenting ke belakang.
  5. Bola dipukul dengan lengan terjulur, telapak tangan terbuka, dan menaungi bola dengan melecutkan pergelangan tangan.
  6. Lakukan pendaratan dengan menapakkan kedua kaki secara bersamaan dan lutut mengeper.

Beberapa kesalahan yang terkadang dilakukan sehingga smash tidak dapat dilakukan dengan baik adalah sikap badan kaku. Berdiri terlalu dekat dengan net/jaring, awalan langkah terlalu banyak dan lebar, tolakan tidak menekuk lutut dan lengan tidak terayun ke depan pada saat akan memukul bola, serta pendaratan tidak dilakukan dengan lutut mengeper.

smash dalam permainan bola voli

4. Keterampilan Bendungan (Block)

Bendungan dalam permainan bola voli sering disebut dengan istilah block, yaitu upaya menggagalkan serangan (smash) dari pihak lawan dengan cara membendung bola di atas jaring sambil meloncat. Blocking dapat dibedakan menjadi tangan aktif dan pasif. Dalam sebuah permainan, blocking dapat dilakukan oleh satu orang, dua orang, atau tiga orang. Hal tersebut tergantung pada kuat atau tidaknya serangan (smash) dari lawan. Untuk dapat memenangkan pertandingan, sebuah tim harus dapat berkerja sama dengan baik. Apabila sebuah smash terlalu kuat dan salah satu pemain berusaha melakukan blocking tetapi belum berhasil, pemain yang lain harus bisa bergerak cepat dan tepat untuk melanjutkan blocking.

Beberapa hal yang terkadang menimbulkan kesalahan pada saat melakukan blocking adalah sikap badan kaku, berdiri tidak menghadap net/jaring, awalan locat kurang maksimal karena tolakan tidak menekuk lutut, kedua tangan tidak berada di depan, kedua tangan kurang dijulurkan melewati net/jaring, dan pendaratan tidak dilakukan dengan lutut mengeper.

 

No Responses

Add a Comment