Contoh Teks Prosedur Kompleks Beserta Analisis Struktur,Ciri-ciri Kebahasaan, dan kalimat deklaratif dan kalimat imperatif pada teks Prosedur Kompleks

  Artikel Pandai Teks Prosedur Kompleks :Teks prosedur kompleks adalah teks yang menjelaskan langkah-langkah, tahapan atau hal yang harus dilakukan oleh seseorang untuk mencapai tujuan tertentu. Berikut contoh teks prosedur kompleks beserta analisisnya.

 Pembuatan Batu Intan

Intan hanya dapat dipotong dan dibentuk dengan menggunakan intan lain. Ini adalah karena intan adalah zat yang paling keras yang pernah dikenal. Setiap kristal intan hanya dapat dipotong dari arah tertentu, disepanjang bagian yang tidak terlalu keras.

Meskipun demikian, dibutuhkan waktu berjam-jam untuk memotong intan. Intan juga dapat ‘dibelah’ disepanjang empat arah berbeda yang memotong kristal.

Hampir semua intan ‘berpotongan berlian’ . Ini berarti faset-faset  – permukaan batu mulia – dipotong pada sudut-sudut yang benar-benar tepat untuk menghasilkan kilauan terbaik. Setiap faset berfungsi seperti sebuah cermin yang mengkilap di dalam batu mulia-  faset tersebut memantulkan cahaya dan memisahkannya menjadi warna-warna pelangi.

Ada beberapa tahap yang berbeda dalam pembentukan kristal intan menjadi potongan batu mulia. Berikut ini adalah langkah-langkah dalam pembentukan intan.

Sediakan alat dan bahan yang diperlukan.Anda dapat memotong kristal intan menggunakan piringan perunggu tipis yang dilapisi debu intan dan minyak zaitun. Tentukan arah setiap kristal yang akan dipotong. Setiap intan kemudian diasah atau dibentuk.Pengasah intan membentuk batu mulia dengan menempelkan intan lain saat batu mulia tersebut diputar pada kecepatan yang sangat tinggi.Setelah mengasah dan memperhalus faset bagian atasnya, pemotong secara hati-hati menentukan bagian dari ke- enambelas faset utama yang akan diasah terlebih dahulu.Ketika faset utama digosok menjadi ukuran yang tepat. Penggerinda intan mengasah 40 faset kecil lainnya, maka lebih dari setengah kristal asli telah dipotong atau telah dibuang.

    Faset : sebuah permukaan yang digosok rata pada potongan batu mulia atau terjadi secara alami pada batu kristal.


Partisipan manusia
Verba material
Verba tingkah laku
Konjungsi temporal

Analisa teks prosedur kompleks

a.    Struktur teks
•    Tujuan                    : membentuk batu intan
•    Langkah-langkah    : (terdapat lebih dari 3 langkah)

b.    Ciri-ciri kebahasaan
•    Partisipan manusia    : Anda, pengasah, penggerindra
•    Verba material          : memotong, dibentuk, dipotong, dibuang, Mengasah,memperhalus, diputar,     dibentuk, menempelkan, diasah, dilapisi.
•    Verba tingkah laku    : tentukan, memisahkannya, menggunakan.
•    Konjungsi temporal   : kemudian, setelah, ketika.

c.    Pada teks tersebut berisi kalimat deklaratif dan kalimat imperatif.
•    Kalimat deklaratif, contoh :
 Setiap kristal intan hanya dapat dipotong dari arah tertentu, disepanjang bagian yang tidak terlalu keras.
•    Kalimat imperatif, contoh :
Sediakan alat dan bahan yang diperlukan.

Add a Comment