11 Penyebab Hilangnya Kewarganegaraan Indonesia Beserta Penjelasan

Sebuah negara pasti memiliki warga negaranya masing masing, termasuk negara Indonesia. Nah setiap warga negara diberikan status kewarganegaran sebagai identitas dari orang tersebut. Namun adapula penyebab hilangnya kewarganegaraan Indonesia yang menyebabkan seseorang tadi bukan warga negara Indonesia. Kewarganegaraan tersebut diatur dalam Undang Undang Kewarganegaraan sebagai wujud perlindungan hak dan kewajiban setiap warga negara Indonesia. Selain itu adapula Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2007 mengenai cara memperoleh, pembatalan, kehilangan, serta memperoleh kembali kewarganegaraan Republik Indonesia.

Baca juga : Pasal UUD 1945 yang Mengatur tentang Warga Negara dan Penduduk

Apabila seseorang kehilangan status kewarganegaraannya maka dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Nah pada pembahasan kali ini saya akan menjelaskan tentang penyebab hilangnya kewarganegaraan Indonesia lengkap. Untuk lebih jelasnya dapat anda simak di bawah ini.

Penyebab Hilangnya Kewarganegaraan Indonesia

Penyebab Hilangnya Kewarganegaraan Indonesia Beserta Penjelasan

1. Memperoleh kewarganegaraan lain atas kemauannya sendiri

Penyebab hilangnya kewarganegaraan Indonesia yang pertama yaitu apabila yang bersangkutan memohon pindah kewarganegaraan. Namun yang bersangkutan tersebut harus memiliki usia yang cukup atau setidaknya minimal berusia 18 tahun. Untuk mengurus surat permohonan ini harus melalui proses yang pastinya tidak mudah. Jika Presiden tidak menyetujuinya, maka seseorang tersebut tidak memiliki kewarganegaraan apapun.

2. Tidak menolak atau tidak melepaskan kewarganegaraan lain, sedangkan orang yang bersangkutan mendapat kesempatan untuk itu

Jika yang bersangkutan bersedia untuk melepaskan kewarganegaraan lain maka bisa jadi akan menjadi kewarganegaraan Indonesia lagi. Namun pihak pemerintah juga tidak akan memaksa yang bersangkutan untuk mengambil keputusan karena mereka telah dijamin perlindungannya dalam HAM.

3. Masuk dalam dinas tentara/polisi asing tanpa izin terlebih dahulu oleh presiden

Maka dari itu kewarganegaraannya akan dihapus karena telah menyalahi aturan yang berlaku dalam Undang Undang Kewarganegaraan Indonesia. Contohnya kasus yang terjadi di Australia. Beberapa orang WNI dicabut kewarganegaraannya karena masuk ke dalam lembaga kepolisian negara asing.

4. Secara sukarela masuk dalam dinas negara asing

Sebagai warga negara Indonesia seharusnya kita mengetahui apa itu status kewarganegaraan kita. Namun jika yang bersangkutan diketahui telah masuk ke dalam dinas negara lain maka kewarganegaraannya dapat dihapus. Contohnya seorang WNI yang tinggal dinegara lain. Kemudian ia juga bekerja dipemerintahan negara asing tanpa persetujuan Presiden RI. Maka kewarganegaraannya dapat dihilangkan.

5. Secara suka rela mengangkat sumpah atau menyatakan janji setia kepada negara asing atau bagian dari negara asing tersebut

Penyebab hilangnya kewarganegaraan Indonesia selanjutnya yaitu mengucap janji setia kepada negara lain secara sadar dan tidak ada paksaan (sukarela). Negara Indonesia dapat menghapus status kewarganegaraan darinya. Penghapusan ini didasarkan pada bukti yang ada maupun seseorang tadi tertangkap mengucap sumpah kepada negara lain.

6. Tidak diwajibkan tetapi turut serta dalam pemilihan sesuatu yang bersifat ketatanegaraan untuk suatu negara asing.

7. Mempunyai paspor atau surat yang bersifat paspor dari negara asing atau surat yang dapat diartikan sebagai tanda kewarganegaraan yang masih berlaku dari negara lain atas namanya.

8. Bertempat tinggal diluar NKRI selama 5 tahun

Bertempat tinggal diluar NKRI selama 5 tahun terus menerus bukan dalam rangka dinas negara, tanpa alasan yang sah dan dengan sengaja tidak menyatakan keinginannya untuk tetap menjadi WNI kepada perwakilan RI yang wilayah kerjanya meliputi tempat tinggal yang bersangkutan.

9. Pemalsuan Kewarganegaraan Indonesia

Penyebab hilangnya kewarganegaraan Indonesia selanjutnya yaitu melakukan pemalsuan kewarganegaraan Indonesia. Jika ia memalsukan kewarganegaraannya demi keuntungan pribadi maka status kenegaraannya dapat dihilangkan. Hal tersebut dikarenakan termasuk ke dalam pelanggaran negara.

10. Melanggar Aturan Undang Undang

Penyebab hilangnya kewarganegaraan Indonesia selanjutnya yaitu yang bersangkutan telah melanggar aturan yang terdapat dalam Undang Undang. Kewarganegaraan mereka dapat dihilangkan jika terbukti menyalahi aturan UU karena telah dianggap berkhianat dan akan diberikan sanksi sesuai peraturan Undang Undang yang berlaku.

11. Anak Yang Berusia 5 Tahun Diangkat oleh WNA Secara Sah

Meskipun anak tersebut lahir di Indonesia dengan status anak yatim maupaun piatu. Hal ini dapat membuat status kewarganegaraan sang anak jadi terhapus dan hilang karena telah diganti dengan kewarganegaraan lain dari orang tua angkatnya.

 

Sedangkan pasal 26 UU RI No.12 tahun 2006, juga menyebutkan kehilangan kewarganegaraan bagi suami atau istri WNI dengan ketentuan sebagai berikut;

  1. Perempuan WNI yang kawin dengan laki-laki WNA kehilangan kewarganegaraannya, jika menurut hukum negara asal suaminya kewarganegaraan istri mengikuti kewarganegaraan suami sebagai akibat perkawinan tersebut.
  2. Laki-laki WNI yang kawin dengan perempuan WNA kehilangan kewarganegaran RI, jika menurut hukum asal istrinya kewarganegaraan suami mengikuti kewarganegaraan istri sebagai akibat dari perkawinan tsb.

Demikianlah penjelasan mengenai penyebab hilangnya kewarganegaraan Indonesia. Tidak hanya warga negara Indonesia saja yang dapat kehilangan kewarganegaraannya, tetapi WNA juga dapat kehilangan kewarganegaraannya dengan hal yang sama. Kemudian jika pihak WNA ingin menjadi warga negara Indonesia dan ingin tinggal di Indonesia, maka harus melakukan beberapa proses yang harus mereka lalui. Hal ini tentunya sesuai dengan peraturan undang undang kewarganegaraan yang ada. Semoga artikel belajar ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

No Responses

Add a Comment